TUTORIAL

Langkah - Langkah Memasang / Instalasi Aplikasi Berbasis Web di localhost Web Server Xampp

シックス , TUTORIAL
0
53060

Langkah-langkah untuk memasang aplikasi di localhost adalah:

1. Sebelum melakukan installasi aplikasi, anda terlebih dahulu harus memasang web server pada komputer dimana dalam penjelasan ini saya menggunakan Xampp Server. Untuk mengetahui bagaimana memasang aplikasi server Xampp dapat dibaca di sini.

2. Setelah berhasil menginstall web server lokal pada komputer, anda harus mengetahui lokasi folder ‘htdocs’ anda untuk meletakan folder aplikasi web anda. Karena saya menginstall aplikasi Xampp Sever di drive C maka lokasi folder saya ada di:  C:xampp/htdocs

3. Ekstrak aplikasi Web anda.

4. Dari hasil ekstrak didalam terdapat satu folder Aplikasi (PHP)  dan satu file (database.sql)

gambar1

Gambar 1

 5.  Pindahkan folder ‘Aplikasi’ ke dalam folder htdocs anda sebagaimana disebutkan pada butir 1 di atas. Sehingga apabila pada komputer anda Xampp server diinstall pada drive C, maka ketika dibuka C:xampp/htdocs/aplikasi akan muncul nama folder dan file sesuai gambar 2.

gambar2

Gambar 2

 6. Apabila folder ‘aplikasi’ telah dipindahkan ke folder ‘htdocs’, selanjutnya adalah tahapan untuk mengimpor database melalui phpmyadmin.

7. Untuk menjalankan phpmyadmin, terlebih dahulu anda harus memastikan bahwa server Xampp telah diaktifkan. Jalankan aplikasi Xampp server kemudian klik Start pada Apache dan Mysql seperti gambar 3.

xampp

Gambar 3

 8. Buka salah satu browser kemudian ketikkan pada kolom alamat: http://localhost/phpmyadmin/ maka akan tampil halaman seperti gambar 4.

phpmyadmin

Gambar 4

 9. Buat database baru dengan nama sesuai topik aplikasi anda, saya disini memberi nama 'exim' sebagai contoh kemudian klik Create maka database baru dengan nama ‘exim’ telah dibuat.

phpmyadmin

  Gambar 5

10.  Selanjutnya adalah mengimpor database.sql yang sebelumnya telah didownload sebagaimana disebutkan dalam butir 3 di atas. Pada combobox database pilih ‘exim‘ kemudian klik ‘Import‘ seperti dalam gambar 6.

 phpmyadmin

Gambar 6

11. Klik Choose File, untuk memilih database.sql yang sebelumnya telah didownload kemudian klik Open

opensql

Gambar 7

12. Dalam hal database.sql telah dipilih  kemudian klik Go

impor

Gambar 8

13. Apabila database.sql berhasil diimpor maka database ‘exim’ telah memiliki daftar tabel sebagaimana terlihat pada gambar 9.

database

Gambar 9

14. Dengan demikian anda telah berhasil mengimpor database dengan nama ‘exim’ pada phpmyadmin.

15. Setelah itu file koneksi.php di folder config / library di konfigurasikan sesuai settingan web server anda dan nama database yang tadi dibuat.

Setting file koneksi.php

16. Setelah mengikuti langkah-langkah sebagaimana di atas, seharusnya aplikasi web anda telah terpasang dan sudah dapat digunakan. Untuk menggunakan aplikasi web anda buka browse kemudian ketikkan pada kolom alamat: http://localhost/aplikasi/ maka akan muncul tampilan aplikasi web anda.

Anda telah berhasil melakukan proses installasi aplikasi exim di localhost.

0 Comments

×