FREE SOURCE CODE

Sistem Manajemen Keluhan Pelanggan Atau Customer Relation Manajemen Berbasis Web Dengan PHP & MySQL

シックス , FREE SOURCE CODE
0
13036

Menurut survei, Pelanggan yang mempunyai problem, sebagian tidak akan mengajukan komplain. Untuk industri jasa seperti perbankan, asuransi, telekomunikasi, transportasi dan lain-lain, sekitar 50-80% pelanggan tidak akan komplain. Angka ini bisa lebih tinggi lagi untuk consumer good dimana rata-rata lebih dari 90% dari konsumen tidak akan melakukan komplain.

Mengapa pelanggan yang mempunyai masalah tidak mengajukan komplain? Berdasarkan survei yang dilakukan Frontier, ada beberapa alasan yang sering menjadi alasan pelanggan enggan menyatakan keluhannya.

Pertama, masalah yang dihadapi relatif tidak penting dan bisa diatasi sendiri. Bagi pelanggan, waktu untuk komplain atau biaya yang harus dikeluarkan dengan melakukan komplain, tidak sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Oleh karena itu, mereka lebih memilih diam atau berusaha untuk mengatasi sendiri problemnya. Tentunya, pelanggan seperti ini, akan merasa tidak puas dan tingkat loyalitasnya relatif rendah. Alasan kedua adalah karena mereka yakin bahwa perusahaan tidak akan melakukan tindakan apapun atas komplain mereka. Alasan ketiga adalah mereka tidak tahu cara untuk menyatakan komplain mereka.

Penanganan komplain, haruslah melalui suatu sistem. Sistem ini dapat diwujudkan dalam suatu standar layanan penanganan keluahan yang sudah disetujui oleh top manajemen. Dengan demikian, setiap front-line staf sudah tahu apa yang harus dilakukan bila ada komplain dari pelanggannya. Sistem Manajemen Keluhan Pelanggan ini adalah proyek berbasis web yang dikembangkan di PHP / MySQL yang digunakan untuk mengelola keluhan pelanggan secara online. Pengguna dapat login, dan membuat keluhan. Sistem ini memiliki satu modul Admin di mana Admin dapat login dan melihat semua rincian keluhan, dan memberi penugasan kepada tim kepuasan pelanggan untuk menetapkan status keluhan tersebut.

Berikut ini adalah fitur dari aplikasi ini.

  1. Dashboard
  2. ADMIN: Login, Melihat semua keluhan yang masuk
  3. ADMIN: Create / Update / Delete tim kepuasan pelanggan
  4. ADMIN: Memberi Penugasan kepada ENGINEER (TIM Kepuasan Pelanggan) mengenai keluhan yang masuk
  5. ENGINEER (TIM Kepuasan Pelanggan): Login, Melihat keluhan yang ditugaskan
  6. ENGINEER (TIM Kepuasan Pelanggan):: Bekerja berdasarkan komplain dan merubah status keluhan CUSTOMER: Login, Membuat Keluhan
  7. CUSTOMER: Melihat status keluhan, Melihat histori keluhan

SISTEM MANAJEMEN KELUHAN PELANGGAN

 SISTEM MANAJEMEN KELUHAN PELANGGAN

LIVE DEMO    DOWNLOAD SOURCE CODE

Ok, sekian dulu kita berjumpa kembali di lain waktu dengan materi yang baru. salam SixghaKreasi.

0 Comments

×